BARISAN DAN DERET
Barisan
Bilangan
Barisan bilangan adalah bilangan-bilangan yang
dituliskan secara berurutan dengan aturan tertentu. Aturan tersebut digunakan
untuk menentukan suku-suku dari barisan. Aturan tersebut dapat dituliskan dalam
bentuk rumus fungsi Un dengan domain bilangan asli.
Barisan
Aritmetika
Barisan aritmetika atau barisan
hitung adalah barisan bilangan dengan setiap suku-suku yang berurutan memiliki
selisih tetap (konstan). Selisish yang tetap ini disebut beda. Fungsi yang
mewakili barisan aritmatika dengan suku pertama a dan beda b adalah:
n
= 1,2,3,4,.....
Barisan Geometri
Barisan geometri
atau barisan ukur adalah suatu barisan bilangan yang setiap sukunyadiperoleh
dengan cara mengalikan suku di depannya dengan bilangan yang tetap (konstan).
Bilangan yang tetap ini disebut pembanding (rasio) yang dinotasikan dengan r.
Fungsi yang mewakili barisan geometri dengan suku pertama a dan rasio r adalah:
Deret Bilangan
Deret adalah jumlah
suku-suku dari suatu barisan bilangan.
Deret Aritmetika
Rumus deret
aritmetika dengan suku pertama a dan beda b adalah:
Deret Geometri
Deret
tak Hingga
Deret tak hingga yaitu barisan yang banyak
suku-sukunya tak berhingga. Jumlah dari suku-suku barisan tak hingga dinamakan
deret tak hingga.
Deret
Aritmetika
Deret aritmetika tak hingga dapat
dituliskan sbb:
S = u1 + u2 + u3 + . . . + un + . .
.
= a + (a+b) + (a+2b) + (a + (n-1)b) + . . .
Oleh karena nilai un pada
deret aritmetika mendekati tak hingga untuk n mendekati tak hingga, maka nilai
S pada deret aritmetika adalah tak hingga.
Deret
Geometri
Nilai deret geometri tak hingga pada
deret geometri bergantung nilai r.
Nilai |r| > 1
Jika nilai |r| > 1, maka nilai un
mendekati tak hingga dan nilai S mendekati tak hingga. Deret ini dinamakan
divergen.
Nilai |r| < 1
Jika nilai |r| < 1, maka nilai un
mendekati 0 dan nilai S dapat ditentukan dengan rumus berikut.
Contoh
Soal dan Pembahasan
1. Diketahui
barisan aritmetika: 2,5,8,11,14, . . .
a. Tentukan
rumus fungsi yang mewakili barisan aritmetika tersebut!
b. Tentukan
nilai suku ke-15 barisan tersebut!
Penyelesaian:
Suku pertama: a = 2
Beda: b = 5-2 = 3
a. Rumus
fungsi
Un
= a + (n-1)b
Un
= 2 + (n-1)3
Un
= 2 + 3n – 3
Un = 3n-1
b. Nilai
suku ke-15
Un = 3n-1
U20= 3(15)-1
U20=
44
2. Diketahui
barisan geometri dengan rumus fungsi Un = 2n-1 dengan domain
bilangan asli.
a. Tentukan
nilai 4 suku pertama!
b. Jika
Un = 128, tentukan nilai n!
Penyelesaian:
Rumus fungsi: Un = 2n-1
a. U1
= 21-1 = 20 = 1
U2
= 22-1 = 21 = 2
U3
= 23-1 = 22 = 4
U4
= 24-1 = 23 = 8
b. Un
= 128
2n-1
= 27
n-1
= 7
n = 8
3. Diketahui
deret aritmetika Sn = 9 + 13 + 17 + 21 + 25 + . . . + Un
a. Tentukan
rumus Sn!
b. Tentukan
jumlah sepuluh suku pertamanya!
Penyelesaian:
Suku
pertama: a = 9
Beda:
b = 13-9 = 4
b. Jumlah 10 suku pertamanya.
S10 = 2(10)2 + 7.10
S10
= 200 + 70
S10 = 270
4. Diketahui
barisan geometri dengan rumus suku ke-n
dinyatakan dengan fungsi Un = 3n+1. Tentukan jumlah lima suku
pertama barisan tersebut!
5. Hitung
jumlah deret geometri berikut!
a. 2
+ 2/3 + 2/9 + 2/27 + . . .
b. 4
-2 +1 -1/2 + . . .
Penyelesaian:
a. Deret
geometri: 2 + 2/3 + 2/9 + 2/27 + . . .
Suku
pertama: a = 2
Rasio: r = 1/3
Rasio: r = 1/3
b. Deret
geometri: 4 -2 +1 -1/2 + . . .
Suku
pertama: a = 4
Rasio:
r = -1/2
SOAL UNTUK LATIHAN
- Jumlah n suku pertama suatu barisan aritmetika ditentukan oleh Sn = 5n2-2n. Hitung beda barisan tersebut!
- Keliling suatu persegi adalah 160 cm. Dengan menghubungkan titik tengah sisi-sisi persegi tersebut dapat dibuat persegi kedua. Dengan cara yang sama dapat dibuat persegi ketiga dari persegi kedua. Demikian seterusnya hingga persegi ke-n yang dibuat kelilingnya mendekati nol. Hitung seluruh persegi yang ada!
- Limit jumlah suatu deret geometri tak higga adalah 9 dan rasionya 1/3. Hitung nilai suku pertamnaya!
- Sebuah bola jatu dari ketinggian 1 meter. Bola itu memantul kembali dengan ketinggian 4/5 dari ketingian bola sesaat sebelum jatuh. Hitung lintasan yang ditempuh oleh bola sampai bola tersebut berhenti!
- Hitung jumlah deret geometri tah hingga √2 +1 +1/2√2 + ½ +. . .
semoga bermanfaat!
0 komentar:
Post a Comment