Ngelmu iku kalakone kanthi laku, lekase lawan kas, tegese kas nyantosani, setyo budya pangekesing dur angkara.

Cara Merekam Layar [Dekstop] Komputer

Artikel terkait : Cara Merekam Layar [Dekstop] Komputer

      Apakah Anda sering melihat video tutorial di Youtube? Tahukah Anda bagaimana cara si pembuat video tutorial merekam layar [dektop] komputer? Nah, ternyata video tutorial di Youtube direkam menggunakan sebuah software perekam aktivitas layar komputer. Selain untuk membuat video tutorial, merekam dekstop juga dapat digunakan bagi Anda  seorang pemain gim video. Anda dapat merekam gaya permainan Anda untuk menangkap momen terbaik atau membagikan cara bermain ke orang lain. 
      Ada beberapa software yang dapat digunakan untuk merekam layar komputer dengan hasil rekamannya berupa file video berextensi mpg, mp4, 3gp, flv, dll. Dalam tutorial ini, saya akan berbagi cara merekam layar [dekstop] menggunakan software Active Presenter. Keunngulan software ini adalah software yang free, kualitas video HD, dan dapat sekaligus merekam suara. Ayo, ikuti langkah-langkah berikut ini:
1. Jalankan aplikasi Active Presenter.
2. Klik New Capture, lalu pilih Record Movie/Streaming Video.

3. Klik Edit Capture Profile, lalu pilih Audio & Video, Anda dapat mengatur seperti gambar di bawah, lalu klik save.

4. Pada layar akan muncul tampilan seperti di bawah, lalu klik ok.
5. Setelah itu akan muncul Capture New Project. Pada Capture Area pilihan Full Screen digunakan untuk merekam seluruh layar, sedangkan Custom digunakan untuk merekam sebagian layar sesuai dengan keinginan Anda. Untuk Audio Input dapat disesuaikan dengan audio input Anda saat rekaman. Jika semua sudah siap klik tombol merah "Start Capture" untuk memulai rekaman.

6. Jika Anda telah selesai melakukan rekaman klik tombol Ctrl+END.
7. Anda perlu memerhatikan ukuran video. Jika bagian video ada yang di luar slide maka tidak akan terekam. Anda harus mengatur bagian video agar masuk dalam slide.
8. Jika sudah, klik Export, pilih Video.

9. Pada layar akan muncul pengaturan video yang akan di-convert. Anda dapat merubah pengaturan seperti di bawah ini dan untuk format dapat disesuaikan dengan keinginan Anda. Pada output file, pilih tempat menyimpan video Anda setelah selesai di-convert. Jika pengaturan sudah selesai, klik ok.
10. Setelah proses convert selesai, akan muncul dialog seperti di bawah, klik yes jika Anda ingin langsung memutar video.

Sekian tutorial untuk merekam layar [dekstop], semoga bermanfaat...





Artikel Kumpulan Materi SMA Lainnya :

0 komentar:

Post a Comment

Copyright © Kumpulan Materi SMA By Asrofi Mursalin